Tim Pengabdian PGSD UNG Edukasi Mitigasi Bencana di SDN 3 Bulango Utara

Oleh: Idan I. Pakaya . 10 Desember 2021 . 14:25:30

 

PGSD.UNG - Tim Pengabdian Masyarakat Desa Binaan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) memberikan edukasi mitigasi bencana berbasis moda media interaktif (MMI) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 3 Bulango Utara, Jumat (10/12/2021).

Edukasi ini, merupakan salah satu tahapan dalam Pengabdian Masyarakat Desa Binaan oleh Jurusan PGSD sebagai bentuk implementasi mitigasi bencana berbasis MMI salah satunya untuk anak SD.

Kegiatan edukasi mitigasi bencana berbasis MMI di SDN 3 Bulango Utara ini, dilaksanakan selama dua kali. Pertama, pada Jumat (3/12/2021) dan selanjutnya pada Jumat (10/12/2021).

Sri Handayani salah satu anggota dari tim pengabdian desa binaan ini mengatakan, siswa yang terlibat dalam edukasi mitigasi bencana berbasis MMI ini adalah kelas lima dan enam.

"Ada berjumlah 25 orang siswa yang kami edukasi, alhamdulillah selama kegiatan berlangsung semua berjalan lancar, didukung juga dengan siswa yang begitu antusias mengikutinya", kata Sri.

Selanjutnya, Sri membeberkan kegiatan ini mulanya diawali dengan perkenalan terkait kebencanaan kepada siswa dan sosialisasi terkait penggunaan MMI tersebut. Kemudian, pada pertemuan berikutnya setelah melewati tahap perkenalan maupun sosialisasi, siswa telah mampu menggunakan MMI tersebut dengan baik secara mandiri.

"Mereka mampu mensimulasikan semua bencana yang ada dimedia dengan baik. Setelahnya, kami adakan post test terkait penggunaan MMI tersebut, dan hasilnya siswa sudah bisa memahami dan mengetahui apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana alam. Misalnya gempa, kebakaran, dan lain sebagainya", bebernya.

Terakhir, siswa-siswa SDN 3 Bulango Utara yang telah terlibat dalam edukasi itu diberi reward berupa alat tulis menulis. (Nurhidayanti/PGSD).

 

Agenda

12 Juli 2021

Yudisium Sarjana PGSD

Yudisium Sarjana Periode 2021 Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo,

9 Juni 2021

Webinar Pendidikan Mahasiswa PGSD Kelas 6E

Mahasiswa PGSD menggelar seminar pendidikan dengan mengusung TEMA : Transformasi Pembelajaran yang Efektif dan Efisien Serta Penguatan Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid 19

26 April 2021

Rapat Terbatas Pembentukan PKPD dan P3D PGSD FIP UNG

Agenda Rapat Terbatas Membahas Program Strategik

16 Februari 2021

Rapat Terbatas Jurusan

Tindak Lanjut Evaluasi program Pasca Akreditasi Jurusan PGSD