TIM PK-KM Liga 1 Nasional PGSD FIP UNG Perkuat Kemitraan di Kabupaten Gorontalo Utara

Oleh: Nurfadliah . 4 Agustus 2022 . 19:10:44

PGSD.UNG - Kabupaten Gorontalo Utara menjadi salah satu daerah yang dipilih oleh TIM PK-KM LIGA 1 Nasional PGSD FIP Universitas Negeri Gorontalo dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka. Pemilihan tersebut, tidak lepas dari ide besar yang hendak dikerjakan  terutama memfokuskan suatu transformasi kelembagaan di sekolah dasar khususnya kawasan pesisir.

Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) Liga I Nasional merupakan kompetisi bergengsi yang diikuti oleh perguruan-perguruan tinggi terbaik di seluruh Indonesia. Tim PGSD FIP UNG berhasil lulus lewat seleksi yang ketat setelah mempresentasikan program keunggulan di hadapan reviewer. Program ini juga menjadi wadah yang akan melibatkan dan menempa mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar supaya merdeka dalam belajar.

Agar program terselenggara dengan baik, TIM PK-KM PGSD FIP UNG berusaha menjalin kemitraan dan melakukan audiensi dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait. Kunjungan Tim dilaksanakan 4, 5 Agustus 2022. Di agenda tersebut, Tim bertemu dengan Bupati Gorontalo Utara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Gorontalo Utara, serta beberapa Sekolah Dasar di Kabupaten Gorontalo Utara yaitu:  SDN 1 Ponelo Kepulauan, SDN 3 Ponelo Kepulauan, SDN 5 Ponelo Kepulauan SDN 1 Kwandang, SDN 2 Kwandang dan SDN 3 Kwandang.

Ketua TIM, Dr. Candra Cuga, M.Pd memaparkan program unggul yang hendak dilaksanakan di Gorontalo Utara. Terdapat dua  kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu: Edutaiment Sekolah Dasar Kawasan Pesisir dan Model Pengembangan Sekolah Perdamaian. Dua kegiatan  ini adalah ide besar yang ditawarkan oleh Tim agar transformasi kelembagaan di sekolah dasar khususnya di kawasan pesisir bisa dilaksanakan.

Kegiatan ini mendapatkan respon luar biasa baik dari Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, Kepala Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan Gorontalo Utara serta kepala-kepala sekolah yang sekolahnya menjadi sasaran kegiatan.  Bagaimanapun, agenda ini merupakan wujud nyata dalam membangun keunggulan di kawasan pesisir yang dimulai dari sekolah dasar.

Tim PKKM Liga 1 Nasional PGSD FIP UNG berupaya sebaik mungkin agar agenda ini bisa memberi manfaat bagi banyak orang. Terutama bagi mereka yang terlibat. Sebab itu, agenda audiensi ini menjadi perjumpaan awal untuk menyampaikan tujuan-tujuan yang akan dikerjakan ke depan.

 

Agenda

2 Februari 2022

Implentasi Kurikulum

AAA

25 Januari 2022

Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022

Kegiatan Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022 yang dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat Lantai 4

12 Juli 2021

Yudisium Sarjana PGSD

Yudisium Sarjana Periode 2021 Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo,

9 Juni 2021

Webinar Pendidikan Mahasiswa PGSD Kelas 6E

Mahasiswa PGSD menggelar seminar pendidikan dengan mengusung TEMA : Transformasi Pembelajaran yang Efektif dan Efisien Serta Penguatan Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid 19