Gorontalo - Sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah dosen, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo menyelenggarakan kegiatan Workshop Pendampingan dan Pelatihan Penulisan Artikel pada Jurnal Ilmiah Terakreditasi Nasional. Kegiatan ini dilaksanakan pada bertempat di Pustikom dengan melibatkan seluruh dosen dari berbagai program studi di lingkungan FIP sebagai peserta aktif.
Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan pemahaman teknis dalam penulisan artikel ilmiah yang layak muat di jurnal terakreditasi nasional (Sinta 1 hingga Sinta 6), tetapi juga menjadi bagian dari strategi fakultas dalam meningkatkan research visibility, memperkuat budaya akademik, serta mendorong tercapainya target kinerja publikasi yang menjadi bagian integral dalam sistem penjaminan mutu perguruan tinggi.
Workshop ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang publikasi ilmiah dan pengelolaan jurnal terakreditasi, yaitu:Yenti Julianti, M.Pd yang membawakan materi mengenai strategi menulis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian, teknik menyesuaikan artikel dengan template dan scope jurnal, serta tips praktis dalam menghadapi proses review dan revisi dari pengelola jurnal. Selain itu, peserta juga diberikan pemahaman terkait manajemen referensi, penulisan kutipan dan daftar pustaka sesuai standar, serta penggunaan tools pendukung seperti Mendeley dan Grammarly.
Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, menegaskan pentingnya kegiatan ini sebagai salah satu upaya sistematis dalam membangun atmosfer akademik yang kuat di lingkungan fakultas. Ia menyampaikan bahwa kualitas suatu institusi pendidikan tinggi salah satunya diukur dari kontribusi ilmiahnya dalam bentuk publikasi. "Melalui pelatihan ini, kami ingin memfasilitasi dosen agar lebih percaya diri dan terampil dalam menulis, serta mampu menembus jurnal-jurnal terakreditasi yang relevan dengan bidang keilmuan masing-masing. Ini bukan sekadar capaian angka, tapi juga kontribusi nyata pada pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di Indonesia,"jelasnya.
Kegiatan workshop dirancang secara interaktif dan aplikatif, dengan pendekatan pendampingan langsung terhadap draft artikel yang dibawa oleh peserta. Setiap peserta diminta membawa naskah artikel yang telah atau sedang dalam proses penyusunan, untuk kemudian dibahas secara intensif bersama pemateri dalam sesi clinic session. Peserta juga diberikan kesempatan untuk mempresentasikan struktur artikelnya dan mendapatkan masukan dari pemateri dan sesama peserta lain.
Selama proses berlangsung, suasana diskusi berjalan dinamis. Banyak peserta mengakui bahwa selama ini kendala dalam publikasi bukan semata kurangnya ide atau data, melainkan pada aspek teknis penulisan, gaya bahasa ilmiah, serta ketidaksesuaian naskah dengan standar jurnal tujuan. Melalui workshop ini, para dosen merasa terbantu dalam menyusun artikel yang lebih terstruktur, ringkas, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah. Di akhir kegiatan, peserta diberikan daftar jurnal-jurnal terakreditasi nasional sesuai bidang masing-masing, sekaligus strategi untuk melakukan pemetaan jurnal agar artikel dapat dikirimkan ke kanal publikasi yang tepat. Fakultas juga berkomitmen untuk menyediakan pendampingan lanjutan pasca-workshop, termasuk membuka ruang konsultasi individual hingga proses submit artikel selesai dilakukan.
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo bersiap untuk menyambut kedatangan Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) dengan optimis mencapai dan mempertahankan hasil yang baik.
Tim penyusun Borang PGSD FIP UNG Melaksanakan pertemuan untuk Melengkapi LED
Program Sertifikasi Penulisan buku non-fiksi editor buku skema penulisan buku non fiksi (Bagaimana memulai dan menulis buku non-fiksi bagi mahasiswa di lingkungan ung)
Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar dilaksanakan di SDN 7 Tapa, pada Tanggal 13 Desember 2023