Mahasiswa PGSD UNG Mengikuti Coaching PK-KM LIGA 1 Kemdikbudristek Tahun 2022

Oleh: Nurfadliah . 13 Agustus 2022 . 17:05:41

PGSD.UNG - Bertempat di Ballroom Hotel Damhil Universitas Negeri Gorontalo, 100 mahasiswa terbaik/terseleksi jurusan PGSD FIP UNG yang menjadi Peserta Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) LIGA 1 Nasional 2022 menerima materi awal sebagai persiapan menjalankan ide dan program besar yang telah digagas yaitu: “Transformasi  Kelembagaan Sekolah Dasar Berbasis Multi Literasi (Multiple- Literacy) Untuk Percepatan Pusat-pusat Keunggulan Pendidikan Dasar Di Kawasan Pesisir Gorontalo ”

Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A, Ph.D (Mewakili Rektor UNG sekaligus sebagai Dekan Fakultas Sastra dan Budaya), Dr. Mohamad Zubaidi, M.Pd (Mewakili Dekan FIP UNG sekaligus sebagai Wakil Dekan II FIP UNG), Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, (Mewakili Ketua LP3M UNG, sekaligus sebagai sekretaris LP3M UNG), Dr. Pupung Puspa Ardini, M.Pd ( Wakil Dekan I FIP UNG), Prof. Haris Panai, M.Pd (Guru Besar Fakultas Ilmu Pendidikan UNG) serta dosen-dosen di lingkungan Jurusan PGSD FIP UNG dan Tim Elementer TV PGSD.

Mengawali sambutan, Ketua Tim, Dr. Candra Cuga, M.Pd memberikan gambaran dan menjelaskan bagaimana proses panjang untuk bisa lolos di Liga 1 Nasional. Tidak main-main, di Liga 1 Nasional ini, Tim PK-KM PGSD FIP UNG harus bersaing dengan Universitas-Universitas terbaik yang ada di seluruh Indonesia.

“Reviewer sangat mengapresiasi proposal yang kita ajukan lewat program ini. Semua program atau empat aktivitas utama yang kami ajukan tidak ada satupun yang tidak diterima oleh Kementerian” Ujar Ketua Tim, Dr. Candra Cuga, M.Pd

Beliau juga menambahkan, bahwa program ini akan membuat sejumlah  pemetaan, inisiasi dan inovasi melalui kegiatan dan simpul-simpul pemodelan partisipatif yang berbasis kewilayahan  dan praktik baik di jenjang sekolah dasar. Lokus program ini akan menyebar di 12 sekolah dasar di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Gorontalo dan Gorontalo Utara.

Sementara itu, mewakili Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Dr. Mohamad Zubaidi, M.Pd, memberikan penyampaian mengenai beberapa jurusan yang memasukan proposal di Liga ini salah satunya adalah jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Kegiatan ini dibuka langsung oleh  Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A, Ph.D  (mewakili Rektor Universitas Negeri Gorontalo). Beliau memberikan apresiasi terhadap Jurusan PGSD FIP UNG karena telah menggagas ide yang luar biasa ini.

Selama pelatihan, mahasiswa menerima beberapa materi yang disampaikan oleh pakar-pakar pendidikan di Universitas Negeri Gorontalo, lebih khusus di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Materi Awal disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Prof. Dr. Haris Panai, M.Pd. Motivasi tentang Keunggulan Pendidikan Dasar di Kawasan Pesisir Gorontalo – Teluk Tomini merupakan materi inti yang disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Ilmu Pendidikan tersebut.

Materi lainnya diberikan oleh Kepala Pusat Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Gorontalo, Dr. Muhammad Yusuf, S.Pd., M.Pd. Beliau  menyampaikan bagaimana Rekognisi Mata Kuliah Program Mengajar Di Sekolah.  Ada beberapa hal yang beliau tekankan pada program kali ini di antaranya: soal manajemen waktu, kerja sama Tim, serta pentingnya mencatat setiap agenda yang dilaksanakan di lapangan.

Setelah menerima materi-materi inti, peserta dibagi  dalam empat kelompok sesuai dengan jumlah kegiatan yang akan dilaksanakan, yaitu: Intervensi Guru Pembelajar, Bina Prestasi Siswa di Kawasan Pesisir, Edutaiment Sekolah Dasar dan Model Pengembangan Sekolah Perdamaian. Pembagian ini dilakukan setelah menelaah potensi yang dimiliki oleh mahasiswa saat proses perekrutan.

Pengenalan lebih dalam disampaikan setelah mahasiswa terbagi dalam empat kelompok. Di kelompok pertama, mahasiswa menerima materi dari Dra. Dajani Suleman, M.Hum, Dr. Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd dan Dr. Rusmin Husain, M.Pd. Kelompok Dua, Mahasiswa beroleh materi dari Dr. Wiwy Triyanty Pulukadang, M.Pd, Dr. Meylan Saleh, M.Pd, Dr. Sukirman Rahim, M.Si dan Dr. Rustam I. Husain, M.Pd. Sementara di kelompok tiga ada Drs. Haris Mahmud, M.Si, Dr. Irvin Novita Arifin, M.Pd, Dr. Isnanto, M.Ed dan di kelompok empat, Dra. Hakop Walangadi, M.Pd, Dr. Asni Ilham, M.Si dan Dra. Salma Halidu, M.Pd.

Di akhir kegiatan, mahasiswa dikumpulkan kembali untuk merefleksi mengenai tugas dan tanggung jawab mereka selama di lapangan. Penyampaian ini disampaikan oleh Muhammad Sarlin, M. Pd. Sementara itu beberapa dosen di antaranya: Samsi Pomalingo, M.A, Basri Amin, Fidyawati Monoarfa, M.Pd, Nur Sakinah Aries M.Pd, Reska Putri Ismail, M.Pd, Aina Nurdiyanti dan lain-lain memberi gambaran tentang makna transformatif serta menyiapkan hal-hal yang menunjang selama kegiatan Coaching.

Ke depan, agenda untuk menjalankan program ini akan terus dikerjakan. Tim PK-KM Liga 1 Nasional PGSD FIP UNG akan berupaya sebaik mungkin agar misi transformasi kelembagaan di sekolah dasar khususnya di kawasan pesisir bisa terlaksana dan memberikan dampak keunggulan terhadap banyak pihak. (Rez)

 

Agenda

2 Februari 2022

Implentasi Kurikulum

AAA

25 Januari 2022

Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022

Kegiatan Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022 yang dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat Lantai 4

12 Juli 2021

Yudisium Sarjana PGSD

Yudisium Sarjana Periode 2021 Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo,

9 Juni 2021

Webinar Pendidikan Mahasiswa PGSD Kelas 6E

Mahasiswa PGSD menggelar seminar pendidikan dengan mengusung TEMA : Transformasi Pembelajaran yang Efektif dan Efisien Serta Penguatan Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid 19