Visi Dan Misi

A.   VISI PROGRAM STUDI

Menjadi Program Studi unggul dalam menghasilkan guru Sekolah Dasar yang Profesional, Inovatif, Kompetitif Berbasis Budaya Lokal pada Tahun 2035.

 

B.  VISI KEILMUAN PROGRAM STUDI

Mengembangkan Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar melalui Multiple Literacy yang unggul dan berdaya saing berbasis Kawasan.

 

D.   TUJUAN PROGRAM STUDI

Berdasarkan kesepakatan dalam forum Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia yang tertuang dalam Capaian Pembelajaran, Maka dirumuskan tujuan program studi adalah sebagai berikut:

1.    Menghasilkan Tenaga Pendidik/Calon Guru yang mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran di sekolah dasar dilandasi penguasaan teori dan konsep yang adaptif serta inovatif, serta menerapkan keterampilan praktis dan pengetahuan yang diperoleh dari pengalaman kerja; memformulasikan penyelesaian masalah secara procedural secara mandiri dan/atau berkolaborasiserta mengomunikasikan secara lisan maupun tulis.

2.    Menghasilkan tenaga Edupreneur yang mampu merancang, mengolah dan menjalankan usaha di bidang Pendidikan sekolah dasar yang bertanggung jawab, mandiri, berintegritas, adaptif, kompetitif dan belajar sepanjang hayat.

 

E.    SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

Sasaran yang ingin dicapai oleh Program Studi PGSD adalah pencapaian Visi Program Studi dan Visi Keilmuan Program Studi sebagaimana di atas. Untuk mencapai Visi tersebut maka dirumuskan Target yang ingin dicapai dari Visi dan Tujuan Program Studi PGSD dilakukan dalam tiga tahapan yang meliputi:

1.    Sosialisasi Visi dan Tujuan Program Studi PGSD khususnya kepada dosen, Tenaga Kependidikan (pegawai), dan Mahasiswa;

2.    Penjabaran Visi dan Tujuan Program Studi PGSDberdasarkan tugas yang di emban oleh Perguruan Tinggi meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyrakat, dan;

3.    Menjabarkan konsep Visi dan Tujuan Program Studi PGSD ke dalam keseluruhan program Prodi PGSD.

 

F.    PROFIL LULUSAN

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) diarahkan untuk menghasilkan Sarjana Strata Satu (S1). Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memiliki keahlian sebagai:

1.    Pendidik

Pendidik/Calon Guru yang mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran di sekolah dasar dilandasi penguasaan teoridan konsep yang adaptif serta inovatif, serta menerapkan keterampilan praktis dan pengetahuan yang diperoleh dari pengalaman kerja; memformulasikan penyelesaian masalah secara procedural secara mandiri dan/atau berkolaborasiserta mengomunikasikan secara lisan maupun tulis.

2.    Edupreneur

Edupreneur yang mampu merancang, mengolah dan menjalankan usaha di bidang Pendidikan sekolah dasar yang bertanggung jawab, mandiri, berintegritas, adaptif, kompetitif dan belajar sepanjang hayat.

 

G.   CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

1.    Mampu menguasai konsep teoretis Pendidikan, pembelajaran, penilaian, teknologi dan muatan pelajaran di Sekolah Dasar berdasarkan pemikiran logis dan kritis.

2.    Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran di sekolah dasar berdasarkan pemikiran logis, kritis, kreatif, inovatif, sistematis, dan beradabtasi terhadap situasi perubahan yang dihadapi. Adaptif.

3.    Mampu menerapkan keterampilan praktis dan pengetahuan yang diperoleh dari pemecahan masalah Pendidikan dan pembelajaran secara prosedural.

4.    Mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara procedural, baik mandiri dan/atau berkolaborasi berdasarkan pemikiran logis, kritis, kratif, inovatif, sistematis, dan beradaptasi terhadap situasi perubahan yang dihadapi. Adaptif.

5.    Mampu menghasilkan karya inovatif sebagai solusi pemecahan masalah di sekolah dasar secara mandiri dan/atau berkolaborasi.

6.    Mampu melakukan pengembangan profesi berkelanjutan melalui penguasaan dan penerapan prinsip-prinsip pemecahan masalah Pendidikan dan pembelajaran secara procedural disertai sikapmandiri dan tanggung jawab.

7.    Mampu mengkomunikasikan secara lisan maupun tulis pengetahuan, rancangan dan karya inovatif tentang Pendidikan, pembelajaran, penilaian, teknologi dan muatan pelajaran di sekolah dasar.

8.    Mampu merancang, mengelola, dan menjalankan usaha di bidang Pendidikan sekolah dasar berbasis kearifan local dengan penuh tanggung jawab, mandiri, berintegras, adaptif, kompetitif, dan belajar sepanjang hayat.

 

Agenda

13 Desember 2023

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar dilaksanakan di SDN 7 Tapa, pada Tanggal 13 Desember 2023

12 Desember 2023

WEBINAR MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM SD

WEBINAR Mata kuliah Pengembangan Kurikulum SD merupakan proyek mata kuliah mahasiswa kelas, 3E, 3F dan 3G. Kegiatan Webinar ini d laksanakan secara daring dan luring. Dilaksanakan pada tanggal 12 Desember tahu 2023 bertempat d Aula Jurusan PGSD UNG lantai 1 pukul 08.00 hingga pukul 11.00

2 Februari 2022

Implentasi Kurikulum

AAA

25 Januari 2022

Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022

Kegiatan Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022 yang dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat Lantai 4