Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan
Profil
Tentang
Visi Dan Misi
Formasi
Penjabat
Dosen
Pegawai
Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Galeri
Informasi
Kurikulum
Tracer Study Alumni FIP UNG
Prestasi Mahasiswa Periode 2021
SERTIFIKAT AKREDITASI PGSD
AKREDITASI PGSD
EVALUASI KINERJA DOSEN PGSD
PK-KM Liga 1 Tahun 2022
Karya
Video Pembelajaran Interaktif Mahasiswa PGSD
Video Pembelajaran Interaktif Dosen PGSD
Artikel Dosen PGSD
Jurnal
Jelajah TP
Sarana dan Prasarana
Perpustakaan
Laboratorium IPA
Laboratorium IPS
Microteaching
Laboratorium TIK
Laboratorium Matematika
Brosur LAB Terpadu Universitas Negeri Gorontalo
Digital Library
Jurnal Nasional Terakrediatasi
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah
Digital Library
Pedoman
Pedoman PKL PGSD UNG
Pedoman Merdeka Belajar
Panduan Program Permata Sakti 2020
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (QUICK RESPONSE CODE)
Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
Pedoman KDMI
Panduan Penelitian dan Pengabdian Edisi XIII Tahun 2020
Panduan LPPM Edisi 1 tahun 2018
Panduan PLP I-II PGSD
Panduan PKL_PGSD UNG 2020
Panduan Mengajar di Sekolah
Buku Konsultasi Pembimbing Skripsi PGSD UNG_2020
Buku Kepenasihatan Akademik Mahasiswa PGSD UNG_2020
Pusat Kajian
Brosur Pusat Kajian PKPD UNG
Brosur Pusat Penerbitan Pendidikan Dasar UNG
Pembelajaran
Format RPS LP3M 2021
RPS MK PGSD UNG
Kemahasiswaan
Recruitment Jurnal Pena PGSD FIP UNG
Pemilihan Putra Putri PGSD 2023/2024
Alumni
Tracer Study UNG
Rapat kerja MUBES
Reuni Akbar PGSD UNG
MUBES FORKOM ALUMNI
Kurikulum
Kurikulum PGSD
Contact
Prof. Dr. Rusmin Husain, M.Pd
NIP: 196004141987032001
NIDN: 0014046012
FAKULTAS: Fakultas Ilmu Pendidikan
Pendidikan
SDN I PILOHAYANGA, Thn 1967-1972, SD
PGAN 4 Tahun, Thn 1972-1976, SMP
PGAN 6 Tahun, Thn 1976-1979, SMA/SMK
FKIP UNSRAT MANADO di GORONTALO, Thn 1979-1986, S1/Sarjana
IKIP NEGERI MALANG, Thn 1986-1995, S1/Sarjana
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA, Thn 2002-2004, S2/Pasca Sarjana
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Thn 2008-2012, S3/Doktor
Penelitian
Pengelolaan kondisi fisik dan fasilitas klas di SDN no.85 Kota Tengah Kota Gorontalo
, TA 2008, Penelitian Dana PNBP,
Kinerja penilik pendidikan non formal dalam pelaksanaan tupoksinya di Kabupaten Gorontalo
, TA 2011, Publikasi Berkala Ilmiah,
Implementasi Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Kesiapan Tenaga Pendidik (Studi Analisis di Sekolah Dasar Negeri Provinsi Gorontalo)
, TA 2014, Penelitian Kerjasama (Pemda, BUMD/N,Swasta), APBN/APBNP
Hasil Penelitian
The Development of A Collaborative Learning Model For The Improvement of Teh Learner's Learning Outcoms: A Study in ed State Owned Community Learning Centres in Gorontalo District in Indonesia
, Artikel - Jurnal
Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar
, Artikel - Jurnal
Kinerja Penilik Pendidikan Nonformal Dalam Pelaksanaan Tupoksinya di Kabupaten Gorontalo
, Artikel - Jurnal
Peranan Pendidikan Non Formal Dalam Pemberdayaan Masyarakat
, Artikel - Jurnal
Implementasi Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Kesiapan Tenaga Pendidik (Studi Analisis di Sekolah Dasar Negeri Provinsi Gorontalo)
, Artikel - Jurnal
Karya Ilmiah
Kemampuan Guru SD Dalam Merancang Pearangkat Pembelajaran
Persepsi Guru Terhadap Penerapan Kurikulum 2013 Di SD Kabupaten Bone Bolango
Permasalahan Guru Dalam Menerapkan Penilaian Autentik Di Sekolah Dasar
Aplikasi Teori Perubahan Sosial Dalam Memberdayakan Pembangunan Masyarakat
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C (Studi di SKB Kota Gorontalo)
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DITINJAU DARI KESIAPAN TENAGA PENDIDIK (STUDI ANALISIS DI SEKOLAH DASAR NEGERI PROVINSI GORONTALO)
Implementasi Kurikulum 2013 Ditinjau dari Kesiapan Tenaga Pendidik Di SD Negeri Provinsi Gorontalo
PROBLEMATIKA GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR
The Correlation of School Environment and Learning Motivation with Social Skills of Grade Three Students of SDN 5 Tilamuta of Boalemo Regency
Rusmin Husain : Turnitin Penerapan Bahasa Indonesia Buku dalam Bercerita pada Siswa Kelas IV SDN 02 Boliyohuto Kabupaten Gorontalo
Rusmin Husain : Developing Moral Values-Based Character Ingrade IV of Primary School
Rusmin Husain : Turnitin Developing Moral Values-Based Character Ingrade IV of Primary School
Rusmin Husain : Turnitin Utilization of Internal Audio Visual Media Writing the Stories Story in Students in SD
Rusmin Husain : Utilization of Internal Audio Visual Media Writing the Stories Story in Students in SD
Rusmin Husain : Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar Paket C (Studi di Skb Kota Gorontalo)
Rusmin Husain : Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IV SDN 8 Paguyaman Kabupaten Boalemo
Rusmin Husain : Kepala Sekolah dalam Manajemen Sekolah di SD
Rusmin Husain : Permasalahan Guru Dalam Menerapkan Penilaian Autentik di Sekolah Dasar
Rusmin Husain : Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar
Rusmin Husain : Kemampuan Guru SD dalam Merancang Perangkat Pembelajaran
Rusmin Husain : Guru di Abad 21
Rusmin Husain : Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial dan Kemampuan Berbahasa Anak melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknk Bermain Peran
Rusmin Husain : Improving Elementary School Students' Achievement through Development of Savibased Thematic Instructional Media
Rusmin Husain : Turnitin Improving Elementary School Students' Achievement through Development of Savibased Thematic Instructional Media
Rusmin Husain : Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango
Rusmin Husain : Implementasi Kurikulum 2013 Ditinjau dari Kesiapan Tenaga Pendidik (Studi Analisis di Sekolah Dasar Negeri Provinsi Gorontalo)
Rusmin Husain : Pengaruh Pengawasan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Kabupaten Bone Bolango
Rusmin Husain : Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Seri di Kelas IV SDN 5 Biluhu Kabupaten Gorontalo
Rusmin Husain : Upaya Kepala Sekolah Dalam Membina Disiplin Siswa SDN 02 Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo
Rusmin Husain : Persepsi Guru Terhadap Penerapan Kurikulum 2013
Rusmin Husain : Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Buku Manajemen Pendidikan Orientasi Mutu, Teori dan Implementasi pada Aras Loka
Rusmin Husain : Aplikasi Teori Perubahan Sosial dalam Memberdayakan Pembangunan Masyarakat. Buku Paradigma Baru Pendidikan Era Kontemporer
Rusmin Husain : PAKEM, Model Pembelajaran Era Disrupsi. Buku Manajemen Perubahan Era Disruption
Rusmin Husain : Menciptakan Disiplin Belajar di Kelas pada Era 4.0. Buku Bunga Rampai, Revolusi Pendidikan Yang Berperadaban : era industri 4.0
Rusmin Husain : HKI Profesi Keguruan SD
Rusmin Husain : HKI Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar
Rusmin Husain : Peereviewer HKI Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar
Rusmin Husain : Peereviewer HKI Profesi Keguruan SD
Rusmin Husain : Peereviewer HKI Collaborative Learning : Peningkatan Hasil Belajar Pada Program Kesetaraan
Rusmin Husain : Peereviewer Menciptakan Disiplin Belajar di Kelas pada Era 4.0. Buku Bunga Rampai, Revolusi Pendidikan Yang Berperadaban : era industri 4.0
Rusmin Husain : Peereviewer PAKEM, Model Pembelajaran Era Disrupsi. Buku Manajemen Perubahan Era Disruption
Rusmin Husain : Peereviewer Aplikasi Teori Perubahan Sosial dalam Memberdayakan Pembangunan Masyarakat. Buku Paradigma Baru Pendidikan Era Kontemporer
Rusmin Husain : Peereviewer Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Buku Manajemen Pendidikan Orientasi Mutu, Teori dan Implementasi pada Aras Lokal
Rusmin Husain : Peereviewer Upaya Kepala Sekolah Dalam Membina Disiplin Siswa SDN 02 Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo
Rusmin Husain : Peereviewer Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Seri di Kelas IV SDN 5 Biluhu Kabupaten Gorontalo
Rusmin Husain : Peereviewer Pengaruh Pengawasan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Kabupaten Bone Bolango
Rusmin Husain : Peereviewer Implementasi Kurikulum 2013 Ditinjau dari Kesiapan Tenaga Pendidik (Studi Analisis di Sekolah Dasar Negeri Provinsi Gorontalo)
Rusmin Husain : Peereviewer Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango
Rusmin Husain : Peereviewer Improving Elementary School Students' Achievement through Development of Savibased Thematic Instructional Media
Rusmin Husain : Peereviewer Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial dan Kemampuan Berbahasa Anak melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknk Bermain Peran
Rusmin Husain : Peereviewer Guru di Abad 21
Rusmin Husain : Peereviewer Kemampuan Guru SD dalam Merancang Perangkat Pembelajaran
Rusmin Husain : Peereviewer Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar
Rusmin Husain : Peereviewer Permasalahan Guru Dalam Menerapkan Penilaian Autentik di Sekolah Dasar
Rusmin Husain : Peereviewer Kepala Sekolah dalam Manajemen Sekolah di SD
Rusmin Husain : Peereviewer Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IV SDN 8 Paguyaman Kabupaten Boalemo
Rusmin Husain : Peereviewer Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar Paket C (Studi di Skb Kota Gorontalo)
Rusmin Husain : Peereviewer Utilization of Internal Audio Visual Media Writing the Stories Story in Students in SD
Rusmin Husain : Peereviewer Developing Moral Values-Based Character Ingrade IV of Primary School
Rusmin Husain : Peereviewer Penerapan Bahasa Indonesia Buku dalam Bercerita pada Siswa Kelas IV SDN 02 Boliyohuto Kabupaten Gorontalo
Rusmin Husain : HKI Collaborative Learning : Peningkatan Hasil Belajar Pada Program Kesetaraan
Rusmin Husain : Penerapan Bahasa Indonesia Buku dalam Bercerita pada Siswa Kelas IV SDN 02 Boliyohuto Kabupaten Gorontalo
Rusmin Husain : Peereviewer Persepsi Guru Terhadap Penerapan Kurikulum 2013
Rusmin Husain : laporan penelitian kolaboratif Dana blu pascasarjana tahun anggaran 2020 Pengaruh Model Pembelajaran Dan Tipe Kepribadian Siswa terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas IV SDN 27 Kota Selatan Kota Gorontalo
Rusmin Husain : The Influence of Visual Media and Learning Style on Early Reading Ability of Children of Kindergarten In Gorontalo
Rusmin Husain : Peereviewer The Influence of Visual Media and Learning Style on Early Reading Ability of Children of Kindergarten In Gorontalo
Rusmin Husain : Turnitin The Influence of Visual Media and Learning Style on Early Reading Ability of Children of Kindergarten In Gorontalo
Rusmin Husain : Learning Models and Students Personality Types On Learning Outcomes
Rusmin Husain : Peereviewer Learning Models and Students Personality Types On Learning Outcomes
Rusmin Husain : Turnitin Learning Models and Students Personality Types On Learning Outcomes
Rusmin Husain : Model for Development of Natural Sentra Learning Through Scientific Approach Teluk Tomini Region Based in Kindergarden in Gorontalo District
Rusmin Husain : Turnitin Model for Development of Natural Sentra Learning Through Scientific Approach Teluk Tomini Region Based in Kindergarden in Gorontalo District
Rusmin Husain : Peereviewer Model for Development of Natural Sentra Learning Through Scientific Approach Teluk Tomini Region Based in Kindergarden in Gorontalo District
Rusmin Husain : Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Mengarang Deskripsi di Kelas V Sekolah Dasar "Buku Dosen Penggerak Penguatan Tridharma Masa New Normal & Pasca Covid-19"
Rusmin Husain : Peereviewer Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Mengarang Deskripsi di Kelas V Sekolah Dasar "Buku Dosen Penggerak Penguatan Tridharma Masa New Normal & Pasca Covid-19"
Rusmin Husain : Turnitin Analysis of student satisfaction with the quality of education services
Rusmin Husain : Turnitin Work Motivation and Leadership of Learning Activity Center Head on Tutors’ Performance
Rusmin Husain : Turnitin Mutu Layanan Tutor Dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Revolusi Industri 4.0 Di SKB Kabupaten Bone Bolango Ditinjau Dari Kreativitas Tutor Dan Motivasi Berprestasi Warga Belajar Paket B
Rusmin Husain : Turnitin The Effect of Teacher Professional Competence and Learning Facilities on Student Achievement
Pengabdian
PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MEMBUAT KERAJINAN TANGAN BERBASIS POTENSI LOKAL UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI DESA PESISIR DI KECAMATAN BOLANGITAN BARAT KABUPATEN BOLMONG UTARA
, TA 2020, Pengabdian pada Masyarkat Kolaboratif PNBP Pascasarjana Tahun 2020, PNBP Pascasarjana
Penghargaan
Piagam Tanda Kehormatan Satya Lencana karya Satya 20 Tahun, 8 Oktober 2015
Piagam Penghargaan 30 Tahun, 16 April 2019, Oleh Presiden Republik Indonesia