Antusias Mahasiswa Pada Malam Puncak Inaugurasi Sebagai Wujud Menjaga Keakraban dan Menumbuhkan Semangat Baru

Oleh: Nurfadliah . 26 November 2023 . 13:49:58

PGSD.UNG Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menyelenggarakan Malam Puncak Dies Natalis yang ke-33 dan Inagurasi Mahasiswa Baru Angkatan tahun 2023 mengusung tema "A Night Full Of Moments With Unsung Heroes" yang bertempat di Halaman Rektorat UNG, pada Sabtu (25/11/2023).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kadis kominfo Provinsi Gorontalo, KA SPN wakil Polda Gorontalo, Rektor 3 UNG, Dekan 1, 2 dan 3 FIP, para alumni PGSD, mahasiswa/i aktif PGSD, dan ketua-ketua ormawa serta ketua-ketua UKM dlingkungan UNG.

Kegiatan diawali dengan penampilan dari mahasiswa/i yang tergabung dalam HMJ PGSD sebagai pembuka. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia, yakni mila saluni yang mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan dan tidak akan terlaksana tanpa bantuan beberapa pihak, utamanya bapak/ibu dosen yang sudah meluangkan waktunya untuk menyukseskan kegiatan ini.

Tidak hanya itu, Rahmat Mohulaingo selaku ketua HMJ juga menyampaikan jika rangkaian kegiatan inagurasi sudah dimulai sejak 1 bulan sebelumnya dan tepat ditanggal 25 merupakan puncak dari seluruh rangkaian tersebut.

"Tema yang diangkat untuk kegiatan inagurasi ini memiliki makna yang dalam, yakni malam penuh momen bersama pahlawan", ujarnya

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Dr. Candra Cuga, M.Pd selaku ketua Jurusan PGSD, beliau menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya, utamanya kepada mahasiswa/i PGSD yang terus menorehkan prestasi ditingkat nasional hingga internasional.

"Panggung ini begitu amat besar, yang harus berada di panggung ini yaitu orang-orang istimewa jadi yang berhak berada di panggung ini adalah mahasiswa angkatan 2023", ujarnya.

Usai sambutan dari Ketua jurusan, kegiatan dilanjutkan dengan penayangan video pengucapan dies natalis PGSD dari anak-anak dan para guru, dilanjut dengan pemberian penghargaan kepada para duta yang tergabung ditingkat Jurusan, selanjutnya penganugrahan putra putri PGSD FIP UNG 2023 yaitu putra Akbar Ngau dan putri Sri Rahayu Usman. Tidak sampai disitu juga kegiatan dilanjut dengan pemberian cendra mata kepada para dosen purna bakti PGSD atas segala jasa-jasanya.

Tepat setelah itu rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan berbagai macam penampilan seperti, puisi, drama, tarian, flashmob, monolog, menyanyi, teater, drama musikal dan fashion show. Penampilan tersebut akan ditampilkan oleh mahasiswa PGSD angkatan 2023, dosen PGSD FIP UNG, UKMJ ruang seni tolopani, Dan alumni PGSD FIP UNG.

Kemudian dilanjutkan lagi dengan penampilan puisi dari Bapak Dr. Samsi Pomalingo bersama dengan Bapak Hendra yang menjadi musisinya, puisi yang dibawakan bertemakan palestina sebagai wujud saling menghargai dan juga tidak terlepas dari wujud kemanusian serta kepeduliaan antar sesama.

Setelah itu dilanjutkan dengan launching Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ditingkat jurusan oleh Kadis Kominfo Provinsi Gorontalo, kemudian penampilan dari mahasiswa/i angkatan 2023 sampai dengan selesainya seluruh rangkaian kegiatan.

Penampilan pertama dari kelas 1G dengan nama penampilan yakni, serendipity of innefable yang artinya "Keberuntungan Yang Tidak Dapat Terlukis Dengan Kata" dengan nama yang sangat indah tersebut, kelas 1G menampilkan kolaborasi antara Tari Saman, drama, puisi, dan menyanyi.

Selanjutnya penampilan kedua dari kelas 1D dengan nama penampilan Remember Today yang artinya "ingatlah hari ini" tak mau kalah, kelas 1D juga justru memiliki nama yang sangat luar biasa dan dengan nama tersebut kelas 1D juga menampilkan kolaborasi antara fashion show, drama, flashmob, dan puisi.

Penampilan ketiga dari kelas 1H dengan nama penampilan educational games, mendengar kata games yang artinya permainan, ya! tentu saja namanya menarik untuk di dengar dan dengan nama tersebut kelas 1H menampilkan kolaborasi antara tarian, drama, puisi, dan flashmob.

Penampilan keempat dari kelas 1A dengan nama penampilan memories of us, yang artinya "kenangan tentang kita" nama penampilan yang keren membuat kelas 1A menampilkan kolaborasi antara Tari, teater, monolog, dan flashmob.

Penampilan kelima dari kelas 1F dengan nama penampilan "selangkah lebih maju" nama yang indah membuat kelas 1F menampilkan kolaborasi antara drama, teater, tarian, puisi, dan flashmob.

Penampilan keenam dari kelas 1B dengan nama penampilan peigh school musical drama of twoniare yang artinya "drama musikal sekolah" terdengar dari namanya penampilan dari kelas 1B ini sangat keren dan terlihat seru.

Selanjutnya penampilan dari anggota UKMJ Ruang seni tolopani dengan menampilkan tarian yang dikolaborasikan langsung dengan flashmob.

Penampilan ketujuh dari kelas 1E dengan nama penampilan generosity yang artinya "kemurahan hati" dengan nama tersebut, kelas 1E menampilkan drama, puisi dan flashmob.

Dan penampilan terakhir dari kelas 1C dengan nama penampilan togetherness in diversity yang artinya "kebersamaan dalam keberagaman" dengan nama yang indah tersebut kelas 1C menampilkan drama dan tarian.

Tidak hanya mahasiswa dan dosen, para alumni Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar juga turut meramaikan kegiatan kali ini, Randi Putra Ismail Alumni PGSD yang menampilkan pertunjukan sulap memukau yang jarang disaksikan oleh khalayak ramai.

 

Penulis : UKMJ JurnalPena

Agenda

13 Desember 2023

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar dilaksanakan di SDN 7 Tapa, pada Tanggal 13 Desember 2023

12 Desember 2023

WEBINAR MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM SD

WEBINAR Mata kuliah Pengembangan Kurikulum SD merupakan proyek mata kuliah mahasiswa kelas, 3E, 3F dan 3G. Kegiatan Webinar ini d laksanakan secara daring dan luring. Dilaksanakan pada tanggal 12 Desember tahu 2023 bertempat d Aula Jurusan PGSD UNG lantai 1 pukul 08.00 hingga pukul 11.00

2 Februari 2022

Implentasi Kurikulum

AAA

25 Januari 2022

Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022

Kegiatan Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022 yang dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat Lantai 4