Belajar Budaya dan Berkewargaan Melalui Visit Learning

Oleh: Nurfadliah . 27 Desember 2022 . 15:20:45

PGSD.UNG - Visit Learning (kunjungan belajar) Merupakan suatu program Inti yang telah dirancang oleh Mahasiswa untuk dilaksankan di SDN 9 Batudaa Pantai. Konten pembelajaran pada visit learning ini disesuaikan dengan materi pembelajaran di sekolah, kami juga merancang pembelajaran yang berkaitan dengan budaya.

Konten pembelajaran di dalamnya terkait materi PKN dan budaya, sebelum pembelajaran dikelas kami sebelumnya telah menyiapkan berbagai bahan ajar (materi belajar dan video pembelajaran) sebelum siswa diajak keluar kelas (berkunjung ke suatu tempat).

Misalnya pembelajaran PKN dengan materi penerapan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, kami mengajak siswa untuk belajar di luar kelas untuk berkunjung ke tempat-tempat yang dapat memberikan sedikit pengetahuan mengenai materi yang diajarkan misalnya masjid untuk mengenal sila pertama dari pancasila dan selanjutnya belajar di pantai tepatnya dibawah pohon beringin dengan mengenal simbol sila ke 3 pancasila.

Selain itu pada pambelajaran IPS kami memberikan materi terkait Sistem pemberitahan Desa, kami juga mengajak siswa mengunjungi kantor desa untuk belajar langsung terkait sistem pemerintahan yang ada di desa siswa sendiri.

Dan kami juga memberikan pembelajaran yang berkaitan dengan budaya yaitu mengenal pakaian khas Karawo, agar siswa dapat mengenal juga dapat mewariskan secara terus menerus culture di tempat tinggalnya, siswa selain belajar apa itu karawo mereka juga melihat langsung pakaian karawo dan cara pembuatannya.

“Siswa merasa bosan belajar dikelas terus menerus, sehingga mereka sangat antusias dan gembira ketika diajak berkunjung kesuatu tempat untuk belajar” ujar Mahasiswa.

Kepala Sekolah juga guru-guru merespon dengan baik program ini, mereka mendukung juga berbagai kegiatan yang kami lakukan di sekolah, “Pembelajaran diluar kelas lebih menyenangkan dan berkesan bagi para siswa dibanding dengan pembelajaran yang hanya di dalam kelas atau tertutup” ujar kepala sekolah saat berbincang di ruang kerjanya.

Harapan dari kami Mahasiswa Selaku pelaksana program 1 literasi budaya dan kewargaan (PKKM Liga 1) agar kegiatan belajar ini dapat berdampak bagi siswa juga dapat berkelanjutan pada beberapa pembelajaran di SDN 9 Batudaa Pantai Kecamatan Batudaa Pantai.

Agenda

13 Desember 2023

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar dilaksanakan di SDN 7 Tapa, pada Tanggal 13 Desember 2023

12 Desember 2023

WEBINAR MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM SD

WEBINAR Mata kuliah Pengembangan Kurikulum SD merupakan proyek mata kuliah mahasiswa kelas, 3E, 3F dan 3G. Kegiatan Webinar ini d laksanakan secara daring dan luring. Dilaksanakan pada tanggal 12 Desember tahu 2023 bertempat d Aula Jurusan PGSD UNG lantai 1 pukul 08.00 hingga pukul 11.00

2 Februari 2022

Implentasi Kurikulum

AAA

25 Januari 2022

Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022

Kegiatan Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022 yang dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat Lantai 4