Jurusan PGSD Display Karya Inovatif pada Expo Kampus Merdeka Fair 2023

Oleh: Nurfadliah . 13 Oktober 2023 . 14:46:13

PGSD.UNG - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menyelenggarakan kegiatan Kampus Merdeka Fair 2023 bertempat di Ballroom Hotel Damhil pada Kamis, (12/10/2023).

Kegiatan ini dirangkaikan dengan Expo Kampus Merdeka, berbagai macam produk hasil program kampus merdeka dipertunjukkan dalam kegiatan tersebut.

Ketua LP3M menyampaikan bahwa UNG dipercaya sebagai host dalam kegiatan tersebut oleh Belmawa dan berdasarkan pertimbangan juga UNG menjadi penyelenggara Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mandiri terbanyak dan terbaik di Indonesia.

Sementara itu, Dr. Candra Cuga selaku ketua Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) menyambut baik kegiatan tersebut, dan mengambil bagian untuk publikasi juga diseminasi kegiatan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Liga 1 Kemendikbud RI.

"Semoga hal ini bisa menginspirasi pengunjung yang datang dan dapat berbagi praktek untuk pelaksanaan program kampus merdeka" ujarnya.

Tidak hanya itu, Muhammad Sarlin, M.Pd selaku Sekretaris Jurusan PGSD mengungkapkan jika Hibah PKKM liga 1 sangat berdampak terhadap peningkatan kompetensi dan kapasitas mahasiswa begitu juga terhadap dosen dan tenaga pendidik Jurusan PGSD UNG. Beragam program unggulan dilaksanakan sehingga melembaga dan berdampak.

Mahasiswi dari Jurusan PGSD yang tergabung dalam PKKM Liga 1 juga turut ikut andil dalam kegiatan tersebut.

Nurain Salsabila Ente yang menjadi salah satu peserta dikegiatan PKKM Liga 1 mengatakan bahwa pada pertunjukkan ia membawa perangkat pembelajaran berupa bahan ajar, RPP dan media pembelajaran yang terinspirasi dari kegiatan yang diadakan di sekolah.

"Untuk Jurusan PGSD memiliki 4 program utama, yakni program 1. Multi-literasi di Sekolah Dasar, 2. Bina Prestasi dikawasan pesisir, 3. Edutainment Sekolah Dasar di Kawasan Pesisir, 4. Model Pengembangan Sekolah Perdamaian. Saya sendiri tergabung diprogram ke-4, sehingga ketika disekolah kami menerapkan kegiatan berupa pencegahan tindakan perundungan dan ada pengalaman yang saya dapatkan, yakni bagaimana membangun komunikasi serta hubungan baik dengan orang lain, bagaimana agar kita memahami diri sendiri juga orang lain, dan masih banyak lagi. Tentunya media yang saya bawa hari ini merupakan hasil dari inspirasi saat mengikuti PKKM Liga 1. Tak lupa, keberadaan saya disini juga merupakan kerjasama tim dan yang utama adalah bantuan dari dosen pembimbing," tuturnya.

Lebih jelas, Nurain mengatakan jika dari Jurusan PGSD sendiri membawa 3 produk, berupa auta selanjutnya media pembelajaran pop up book dan yang terakhir perangkat pembelajaran berupa bahan ajar, RPP dan media pembelajaran.

Penulis : UKMJ Jurnalpena PGSD UNG

Agenda

13 Desember 2023

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar dilaksanakan di SDN 7 Tapa, pada Tanggal 13 Desember 2023

12 Desember 2023

WEBINAR MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM SD

WEBINAR Mata kuliah Pengembangan Kurikulum SD merupakan proyek mata kuliah mahasiswa kelas, 3E, 3F dan 3G. Kegiatan Webinar ini d laksanakan secara daring dan luring. Dilaksanakan pada tanggal 12 Desember tahu 2023 bertempat d Aula Jurusan PGSD UNG lantai 1 pukul 08.00 hingga pukul 11.00

2 Februari 2022

Implentasi Kurikulum

AAA

25 Januari 2022

Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022

Kegiatan Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022 yang dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat Lantai 4