Mahasiswa PGSD Lakukan Praktikum Sebagai Perwujudan Dari Tugas Proyek Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA SD

Oleh: Nurfadliah . 19 November 2023 . 08:09:58

PGSD.UNG - Mahasiswa dan mahasiswi semester 3 kelas F Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melakukan praktikum untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Konsep Dasar IPA SD dengan dosen pengampuh, yakni Ibu Dr. Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd, pada Jum'at (18/11/23), bertempat diruangan laboratorium IPA kampus 2 UNG.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa diarahkan untuk melakukan pengecekan praktikum terlebih dahulu melalui modul, selanjutnya mahasiswa mempersiapkan alat dengan menggunakan fasilitas kampus dan untuk sebagian besar bahannya diambil dari lingkungan sekitar. Praktikum yang dilakukan ini berupa pengujian bidang miring dengan menggunakan alat dan bahan Kotak Instrumen Terpadu (KIT) yang terdiri dari, balok, bidang, standar/kaki, neraca pegas, mistar dan bujur derajat.

Berikutnya mahasiswa melakukan pengujian pengungkit dengan mengunakan alat dan bahan KIT yang terdiri dari, bidang lengkap dengan kaki, pengungkit, sumbu, penyeimbangan, neraca pegas, mangkuk dan beban 50 gram, serta untuk praktikum pengujian konduksi menggunakan alat dan bahan KIT yang terdiri dari, standar, batang tembaga, aluminium sepanjang 12 cm, plastisin atau lilin, pembakar spritus, dan stopwatch. Setelah itu, mahasiswa melakukan pengujian katrol dengan menggunakan alat dan bahan KIT yang terdiri dari, standar, katrol ganda, tali (5 meter), neraca pegas, pengit, beban dan mistar. 

Ditahap akhir mahasiswa/i diarahkan untuk melakukan pengamatan dari hasil praktikum yang sudah dilakukan untuk penyusunan laporan akhir.

Tanggapan Ibu Dr. Gamar Abdullah selaku dosen pengampuh mata kuliah, yakni sekiranya laboratorium PGSD dapat diperbaiki, serta peralatannya dapat dilengkapi dan tidak lupa juga untuk bangunannya lebih representatif untuk kegiatan praktikum. Harapan beliau dengan adanya praktikum ini, agar mahasiswa dapat memiliki pengalaman untuk memberikan pembelajaran yang menyenangkan khususnya pada Mata Pelajaran IPA SD. 

"Dengan adanya praktikum ini juga, tentunya bertujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi dalam menggunakan KIT IPA di SD karena KIT IPA lebih sering tidak digunakan akibatnya menjadi rusak dengan sendirinya. Oleh karena itu, melalui praktikum ini, mahasiswa dapat memiliki kompetensi untuk memberdayakan peralatan yang ada disekolah", lanjutnya. 

Penulis : UKMJ Jurnalpena PGSD UNG

Agenda

13 Desember 2023

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar dilaksanakan di SDN 7 Tapa, pada Tanggal 13 Desember 2023

12 Desember 2023

WEBINAR MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM SD

WEBINAR Mata kuliah Pengembangan Kurikulum SD merupakan proyek mata kuliah mahasiswa kelas, 3E, 3F dan 3G. Kegiatan Webinar ini d laksanakan secara daring dan luring. Dilaksanakan pada tanggal 12 Desember tahu 2023 bertempat d Aula Jurusan PGSD UNG lantai 1 pukul 08.00 hingga pukul 11.00

2 Februari 2022

Implentasi Kurikulum

AAA

25 Januari 2022

Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022

Kegiatan Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022 yang dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat Lantai 4