Pawai dan Nobar Film Pendek Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-94

Oleh: Nurfadliah . 10 November 2022 . 13:38:56

PGSD.UNG - Mahasiswa PKKM LIGA 1 PGSD Bina Prestasi SDN 10 Batudaa Pantai berkolaborasi dengan SDN 09 Batudaa Pantai, KKN Tematik Langgula serta Karang Taruna Desa Langgula untuk mensukseskan Pawai dan Nonton Bareng Film Pendek Sumpah Pemuda dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke 94, sekaligus menjalankan program tambahan Mahasiswa Bina Prestasi SDN 10 Batudaa Pantai, yaitu merayakan hari-hari besar nasional.

Sebelumnya, kegiatan ini baru pertama kalinya digelar di SDN 10 Batudaa Pantai, sehingga siswa-siswi begitu antusias untuk mengikuti kegiatan ini.

"Ide kalian sangat bagus. Jujur, ini pertama kalinya diadakan di SDN 10 Batudaa Pantai. Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Semoga dengan hadirnya kalian disini, membuat Siswa - Siswi lebih tahu banyak tentang hari - hari besar melalui kegiatan yang kalian buat", ujar Kepala Sekolah saat Koordinator Sekolah Nur Alim Hidayat Patilima menyampaikan ide ini.

Staf Dewan Guru SDN 10 Batudaa Pantai juga sangat mendukung kegiatan ini, dimana Bapak/Ibu guru membantu kami dalam mengadakan pakaian adat yang akan digunakan oleh siswa - siswi saat pawai nanti. Harapan Kepala Sekolah serta Bapak Ibu Staf Dewan Guru adalah Siswa - Siswi paham dan menghormati akan hari-hari besar bersejarah, sehingga memotivasi siswa - siswi yang nantinya akan berbuah baik dikemudian hari.

Pawai dan Nonton Bareng Film Pendek Sumpah Pemuda ini hasil Kolaborasi SDN 10 Batudaa Pantai dengan SDN 09 Batudaa Pantai. Dalam Pawai ini, beberapa siswa-siswi dari kedua sekolah menggunakan Pakaian Adat mencerminkan pemuda-pemudi Indonesia.

Rute untuk Pawai ini yaitu, Start dari Lapangan Sekolah SDN 10 Batudaa Pantai, kemudian finish di Lapangan Desa Tontayuo, tuan rumah SDN 09 Batudaa Pantai. Di perjalanan, siswa - siswi menyanyikan beberapa lagu wajib nasional, termasuk "Bangun Pemudi-Pemuda". Setelah sampai di Lapangan Tontayuo, Kami mengadakan Fashion Show untuk siswa-siswi yang menggunakan Pakaian Adat.

Acara selanjutnya, yaitu Pemberian Materi mengenai Sumpah Pemuda oleh Salah Satu Guru dari SDN 10 Batudaa Pantai, Bapak Gunawan S. Harun, S.Pd yang digelar di Kantor Desa Tontayuo.

Nur Alim Hidayat Patilima selaku Koordinator Sekolah melakukan Ice Breaking untuk menyegarkan konsentrasi Siswa-siswi sebelum memasuki Acara Nonton Bareng Film Pendek Sumpah Pemuda. Siswa-siswi dari Kedua sekolah mencermati dan menyimak film dengan baik.

Setelah itu, kami mengadakan Quiz seputar Sumpah Pemuda yang telah ditonton. Siswa-siswi dari kedua sekolah mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan sangat baik, sehingga mereka mendapatkan reward yang telah kami siapkan.

Harapan dari Mahasiswa Selaku Pelaksana Kegiatan ini, yaitu agar dapat menanamkan semangat pemuda-pemudi pada siswa-siswi yang akan membawa dampak positif dikemudian hari, serta membuat kesan pada mereka bahwa Kami Mahasiswa Bina Prestasi SDN 10 Batudaa Pantai pernah ada dan membuat cerita indah bersama-sama.

Agenda

13 Desember 2023

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar dilaksanakan di SDN 7 Tapa, pada Tanggal 13 Desember 2023

12 Desember 2023

WEBINAR MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM SD

WEBINAR Mata kuliah Pengembangan Kurikulum SD merupakan proyek mata kuliah mahasiswa kelas, 3E, 3F dan 3G. Kegiatan Webinar ini d laksanakan secara daring dan luring. Dilaksanakan pada tanggal 12 Desember tahu 2023 bertempat d Aula Jurusan PGSD UNG lantai 1 pukul 08.00 hingga pukul 11.00

2 Februari 2022

Implentasi Kurikulum

AAA

25 Januari 2022

Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022

Kegiatan Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022 yang dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat Lantai 4