Pentingnya Motivasi Belajar Bagi Peserta Didik

Oleh: Nurfadliah . 30 Desember 2022 . 23:50:46

PGSD.UNG - Motivasi merupakan sumber atau awal dari kegiatan yang akan di lakukan. Jika seseorang tidak memiliki motivasi maka tidak akan muncul semangat belajar dalam diri. Demikian juga motivasi belajar. Motivasi belajar dibutuhkan bagi peserta didik, jika peserta didik tidak memiliki motivasi belajar maka dia tidak bersungguh-sungguh dalam belajar ataupun menerima pelajaran yang ada di sekolah.

Fenomena di lapangan saat ini, peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah dapat di jumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti tidak mengerjakan tugas sekolah, tidak mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti proses belajar mengajar di sekolah, kurang memperhatikan guru saat pelajaran berlangsung dan sebagainya.

Faktor yang mempengaruhi peserta didik memiliki motivasi belajar rendah anatara lain pemanfaatan teknologi yang salah, pengaruh penggunaan smartphone yang berlebihan, kompetensi guru dan lainnya. Mahasiswa PKKM Liga 1 program 4 Pelita Perdamaian SDN 2 Kwandang telah melaksanakan tugas membantu guru mengajar atau menggantikan guru/wali kelas dalam proses belajar mengajar. Selama proses pembelajran berlangsung siswa yang ada didalam kelas Nampak sangat tidak semangat dalam menerima materi atau pelajaran. Maka dari itu mahasiswa PKKM liga 1 memberikan motivasi belajar lewat ice breaking Tepuk Semangat Dan Tepuk sukses di selah proses belajar berlangsung agar siswa merasa termotivasi, merasa semangat serta suasana di dalam kelas terasa hidup dan tidak kikuk.

Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia Motivasi adalah “usaha-usaha” yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang di kehendaki atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya.

Dengan demikian, motivasi belajar siswa lewat ice breaking tepuk semangat dan sukses merupakan usaha Mahasiswa PKKM Liga1 untuk mencapai proses belajar mengajar di dalam kelas terasa hidup, serta mendapatkan rasa puas atas usaha yang di lakukan siswa yang mebutuhkan motivasi dalam pembelajaran.

Agenda

13 Desember 2023

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar dilaksanakan di SDN 7 Tapa, pada Tanggal 13 Desember 2023

12 Desember 2023

WEBINAR MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM SD

WEBINAR Mata kuliah Pengembangan Kurikulum SD merupakan proyek mata kuliah mahasiswa kelas, 3E, 3F dan 3G. Kegiatan Webinar ini d laksanakan secara daring dan luring. Dilaksanakan pada tanggal 12 Desember tahu 2023 bertempat d Aula Jurusan PGSD UNG lantai 1 pukul 08.00 hingga pukul 11.00

2 Februari 2022

Implentasi Kurikulum

AAA

25 Januari 2022

Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022

Kegiatan Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022 yang dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat Lantai 4