PGSD UNG Gelar Simposium Pendidikan Kebangsaan, Hadirkan Wisesa Utama Wantannas Belneg RI

Oleh: Nurfadliah . 8 Juni 2022 . 10:37:54

 

PGSD.UNG - Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) berkolaborasi dengan Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum Kemasyarakatan (IHK) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) dan Prodi Pascasarjana PPKn Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menyelenggarakan Simposium Pendidikan Kebangsaan yang berlokasi di Auditorium UNG, Selasa (7/6/2022).

Simposium yang mengusung tema "Pancasila, Bela Negara, dan Generasi Baru Menuju Indonesia Emas 2045" ini, diawali dengan special performance musikalisasi puisi mahasiswa PGSD yang dibimbing langsung oleh Hendrayanto, M.Pd., selaku dosen PGSD FIP UNG.

Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan Dr. Arwildayanto S.Pd., M.Pd. selaku Dekan FIP UNG dan Dr. Candra Cuga, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Jurusan (Kajur) PGSD FIP UNG.

Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini yaitu, Prof. Dr. Cecep Darmawan S.Pd., S.IP., S.H., M.H., M.Si. selaku kaprodi S2/S3 PKn Universitas Pendidilan Indonesia (UPI) dan Dr. Syaifullah, S.Pd., M.Si. selaku Kapus KPIP2K LPPM UPI, dengan dimoderatori oleh Rasid Yunus, S.Pd.,M.Pd yang merupakan Ketua Ap3knI Gorontalo. 

Prof. Dr. Cecep Darmawan mengatakan, bahwa pentingnya generasi muda dan mahasiswa untuk menanamkan jiwa bela negara dalam memahami pancasila sebagai nilai-nilai instrumental maupun secara praksis.

“Kemudian bagaimana mahasiswanya harus menyiapkan diri untuk kehidupan di masa depan. Oleh karena itu kegiatan seperti ini tidak berhenti sampai di sini, dan harus menjadi tantangan ke depan,” ungkap Prof, Dr. Cecep Darmawan, S. Pd, M.H., M. Si.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan implementasi kerja sama antara jurusan PGSD FIP, IHK FIS, Prodi S2 PPKn PPS UNG dengan Prodi S2/S3 PKn FPIS UNG dan KPIP2K LPPM UPI, serta Expo Karya Media Pembelajaran oleh mahasiswa PGSD.

Kegiatan Simposium tersebut, diorganisasikan langsung oleh mahasiswa PGSD FIP UNG yang merupakan bentuk implementasi Mata Kuliah Manajemen dan Project Citizen rumpun Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar (SD) sebagai respon program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Agenda

13 Desember 2023

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar dilaksanakan di SDN 7 Tapa, pada Tanggal 13 Desember 2023

12 Desember 2023

WEBINAR MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM SD

WEBINAR Mata kuliah Pengembangan Kurikulum SD merupakan proyek mata kuliah mahasiswa kelas, 3E, 3F dan 3G. Kegiatan Webinar ini d laksanakan secara daring dan luring. Dilaksanakan pada tanggal 12 Desember tahu 2023 bertempat d Aula Jurusan PGSD UNG lantai 1 pukul 08.00 hingga pukul 11.00

2 Februari 2022

Implentasi Kurikulum

AAA

25 Januari 2022

Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022

Kegiatan Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022 yang dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat Lantai 4