Project Citizen Sebagai Respons MBKM

Oleh: Nurfadliah . 13 Juni 2022 . 09:10:01

PGSD.UNG - Dalam rangka mengimplementasikan mata kuliah kewarganegaraan, jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) menyelenggarakan pemaparan project citizen yang berlokasi di aula PGSD, Jumat-Minggu (10-12/6/2022).

Project ini melibatkan enam kelas angkatan 2021 dan mengangkat beragam topik seperti dampak timbunan sampah terhadap lingkungan, zona otoritas belajar, pelecehan seksual, pengaruh media sosial, kemisikinan dan pengangguran, dan anak jalanan. Pemaparan perdana pada hari Jumat oleh kelas 2D dan 2E, pada hari Sabtu oleh kelas 2B dan 2C, serta pada hari Minggu oleh kelas 2A dan 2F.

Agenda ini diawali dengan special performance tarian oleh kelas 2D dan baca puisi oleh kelas 2E kemudian di lanjutkan dengan sambutan Dr. Candra Cuga Spd.Mpd selaku ketua jurusan PGSD FIP UNG sekaligus dosen pengampu mata kuliah kewarganegaraan.

Juri yang dihadirkan pada kegiatan ini adalah Ibu Aina Nurdiyanti M.Pd., Ibu Reska Putri Ismail M.Pd., dan Ibu Nurainun M.Pd.,selaku dosen PGSD FIP UNG serta menghadirkan juri tamu yakni dosen Pendidikan Luar Sekolah, Bapak Muhammad Ibrahim M.Pd., dan Bapak Raksan Jaya selaku mahasiswa S2 pascasarjana UNG.

Mutyara P. Mutala, mewakili mahasiswa PGSD angkatan 2021, mengatakan bahwa dari kegitan ini kita banyak memperoleh informasi. Seperti topik yang diangkat oleh kelas kami yakni pengangguran dan kemiskinan yang berada di wilayah Bone Bolango.

“Selain itu mahasiswa bisa memperoleh kebijakan soal permasalahan tersebut yaitu berupa solusi pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran di Gorontalo serta untuk memperbaiki kulitas pendidikan”, tambahnya.

Project citizen ini merupakan bentuk respons terhadap program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Agenda

13 Desember 2023

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar dilaksanakan di SDN 7 Tapa, pada Tanggal 13 Desember 2023

12 Desember 2023

WEBINAR MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM SD

WEBINAR Mata kuliah Pengembangan Kurikulum SD merupakan proyek mata kuliah mahasiswa kelas, 3E, 3F dan 3G. Kegiatan Webinar ini d laksanakan secara daring dan luring. Dilaksanakan pada tanggal 12 Desember tahu 2023 bertempat d Aula Jurusan PGSD UNG lantai 1 pukul 08.00 hingga pukul 11.00

2 Februari 2022

Implentasi Kurikulum

AAA

25 Januari 2022

Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022

Kegiatan Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022 yang dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat Lantai 4