Tingkatkan Kompetensi Guru, Mahasiswa KKN MBKM PGSD FIP UNG

Oleh: Nurfadliah . 18 November 2023 . 22:25:13

PGSD.UNG Mahasiswa KKN MBKM Pendidikam Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Desa Sosial menyelenggarakan kegiatan Tingkat Kompetensi Guru bertempat di Desa Sosial, kec.Pagumayan, kab. Boalemo Provinsi Gorontalo pada Jumat (17/11/2023).

Peningkatan kompetensi guru di era digital saat ini menjadi hal wajib yang tidak boleh ditinggalkan. Tak mau ketinggalan, mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKN MBKM) PGSD FIP UNG menggelar Workshop Pembelajaran Berbasis IT.

Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengatakan, program KKN MBKM di Desa Sosial Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo ini diikuti oleh 10 mahasiswa dari jurusan PGSD dan 1 mahasiswa dari jurusan MP FIP UNG.

“Salah satu program KKN MBKM yang mereka lakukan adalah workshop penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran,” ujar Isnanto.

Isnanto mengatakan, kegiatan workshop ini merupakan kerja sama antara mahasiswa KKN MBKM desa Sosial dengan SDN 3 Paguyaman yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 17 November 2023 ini diikuti oleh guru SDN 3 dan SDN 1 Paguyaman.

“Pada kesempatan tersebut saya memberikan materi tentang pembuatan video pembelajaran melalui program Screen Cas O Matic dan program Windows G yang menghasilkan video pembelajaran yang diintegrasikan ke dalam media sosial Youtube,” ucap Isnanto.

Sebagai pemateri kegiatan sekaligus DPL KKN MBKM di Desa Sosial, dirinya berharap kepada mahasiswa agar dapat mendampingi para guru dalam membuat media tersebut sampai menghasilkan produk yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

“Kepala SDN 3, selaku tuan rumah kegiatan mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN MBKM Desa Sosial dan pemateri workshop yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Kepsek juga berharap agar kerja sama ini terus berlanjut dan ditingkatkan lagi sampai ada produk media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan sehingga menjadi output dari program BOS Kinerja Berkemajuan SDN 3 Paguyaman tahun 2023″, ujarnya.

Agenda

13 Desember 2023

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar dilaksanakan di SDN 7 Tapa, pada Tanggal 13 Desember 2023

12 Desember 2023

WEBINAR MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM SD

WEBINAR Mata kuliah Pengembangan Kurikulum SD merupakan proyek mata kuliah mahasiswa kelas, 3E, 3F dan 3G. Kegiatan Webinar ini d laksanakan secara daring dan luring. Dilaksanakan pada tanggal 12 Desember tahu 2023 bertempat d Aula Jurusan PGSD UNG lantai 1 pukul 08.00 hingga pukul 11.00

2 Februari 2022

Implentasi Kurikulum

AAA

25 Januari 2022

Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022

Kegiatan Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022 yang dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat Lantai 4