Dosen PGSD Menggelar FGD Penyusunan Instrumen Pemetaan Literasi Siswa: Kolaborasi Akademisi dan Praktisi dalam Mewujudkan Sekolah Berbasis Literasi

Oleh: Nurfadliah . 17 Juli 2025 . 17:37:15

FGD Penyusunan Instrumen Pemetaan Literasi Siswa: Kolaborasi Akademisi dan Praktisi dalam Mewujudkan Sekolah Berbasis Literasi

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar kembali menyelenggarakan kegiatan ilmiah dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Penyusunan Instrumen Pemetaan Literasi Siswa". Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari upaya strategis dalam memperkuat kompetensi literasi dasar di satuan pendidikan, khususnya dalam lingkup sekolah mitra.

FGD ini dilaksanakan di hotel El Madinah dengan melibatkan mahasiswa sebagai peserta utama sekaligus calon pendidik masa depan, serta guru-guru mitra yang menjadi mitra kolaboratif dari pihak sekolah. Diskusi ini tidak hanya bertujuan menghasilkan instrumen yang valid dan relevan, tetapi juga menjadi sarana pembelajaran langsung bagi mahasiswa dalam memahami dinamika penyusunan instrumen asesmen pendidikan yang kontekstual dan aplikatif.

Sebagai pemantik diskusi, kegiatan ini menghadirkan narasumber ahli, yaitu Basri Amin, S.Sos, M.A., P.hD yang memberikan materi terkait kerangka konseptual literasi, teknik penyusunan indikator dan butir soal literasi, serta strategi uji validitas dan reliabilitas instrumen. Penyampaian materi ini memberikan wawasan teoretis sekaligus praktis dalam menyusun instrumen pemetaan literasi yang dapat digunakan oleh guru secara langsung di kelas.

Proses FGD berlangsung secara aktif dan partisipatif, di mana mahasiswa bersama guru membahas struktur indikator, menguji kejelasan butir soal, hingga melakukan simulasi penggunaan instrumen terhadap data siswa secara terbatas. Hasil diskusi ini nantinya akan dikembangkan lebih lanjut menjadi alat ukur literasi siswa yang sesuai dengan karakteristik lokal dan kebutuhan sekolah.

Kegiatan ini juga menjadi ruang dialog antar aktor pendidikan kampus dan sekolah dalam membangun ekosistem literasi yang tidak hanya bertumpu pada teori, tetapi benar-benar menyentuh praktik di lapangan. Dengan semangat kolaboratif, FGD ini diharapkan dapat mendorong terbentuknya model penguatan literasi yang adaptif dan berdampak langsung terhadap peningkatan mutu pembelajaran di tingkat dasar.

Agenda

21 - 22 Juli 2025

Visitasi Asesmen Lapangan Akreditasi Jurusan PGSD FIP UNG

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo bersiap untuk menyambut kedatangan Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) dengan optimis mencapai dan mempertahankan hasil yang baik.

28 Januari 2025

Rapat Borang Persiapan Akreditasi PGSD FIP UNG

Tim penyusun Borang PGSD FIP UNG Melaksanakan pertemuan untuk Melengkapi LED

20 - 21 Januari 2025

Program Sertifikasi

Program Sertifikasi Penulisan buku non-fiksi editor buku skema penulisan buku non fiksi (Bagaimana memulai dan menulis buku non-fiksi bagi mahasiswa di lingkungan ung)

13 Desember 2023

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar dilaksanakan di SDN 7 Tapa, pada Tanggal 13 Desember 2023