Gelar Visiting Lecturer, Jurusan PGSD Berfokus Pada Pemahaman Kekerasan Terhadap Anak

Oleh: Nurfadliah . 16 November 2022 . 14:10:40

PGSD.UNG - Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) gelar kuliah umum (Visiting Lecturer) dengan topik "Memahami Kekerasan Terhadap Anak" bersama dengan Universitas Negeri Makassar (UNM) sebagai partner kolaborasi. Kegiatan ini menghadirkan langsung narasumber yang merupakan Ketua Prodi Administrasi Pendidikan UNM, yakni Dr. Ed Farida Ohan, M.Sc yang juga selaku Ketua Harian Yayasan Indonesia Mengabdi (YIM) bertempat di Aula FIP, pada Selasa (15/11/2022).

Kegiatan dihadiri oleh Ketua Jurusan PGSD dan Wakil Dekan 2 FIP yang sekaligus membuka kegiatan. Visiting Lecturer ini diikuti oleh mahasiswa serta mahasiswi semester 3 (Tiga) PGSD. Dr. Muhammad Zubaidi kepada peserta mengatakan bahwa kegiatan ini memberi banyak pengetahuan, mengingat sekarang Kemendikbud sedang gencar-gencarnya menjalankan program dalam rangka menghapus 3 dosa pendidikan yakni intoleran, perundungan, dan kekerasan seksual.

“Terdapat perbedaan antara anak yang dibesarkan dengan kekerasan dan anak yang dibesarkan dengan kasih sayang. Anak yang dibesarkan dengan kekerasan memiliki kemungkinan untuk melakukan tindak kekerasan itu pada orang lain,” tambahnya.

Kegiatan Visiting Lecturer berjalan dengan baik. Mahasiswa yang menjadi peserta, ikut aktif dalam berdiskusi mengenai kekerasan terhadap anak, dimana selain diskusi terbuka peserta juga diajak untuk berpartisipasi secara langsung dalam menentukan lokasi yang rawan terjadi kekerasan dilingkungan anak.

“Kekerasan yang terjadi pada anak dapat berupa kekerasan secara fisik, psikis, seksual, penelantaran anak, dan ekploitasi anak. Perlindungan anak secara eksplisit tertuang dalam UU No. 35 tahun 2014. Dimana perlindungan anak adalah kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesual dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” jelas Dr. Ed Farida Ohan, M.Sc selaku narasumber dalam kegiatan tersebut.

Agenda

13 Desember 2023

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar dilaksanakan di SDN 7 Tapa, pada Tanggal 13 Desember 2023

12 Desember 2023

WEBINAR MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM SD

WEBINAR Mata kuliah Pengembangan Kurikulum SD merupakan proyek mata kuliah mahasiswa kelas, 3E, 3F dan 3G. Kegiatan Webinar ini d laksanakan secara daring dan luring. Dilaksanakan pada tanggal 12 Desember tahu 2023 bertempat d Aula Jurusan PGSD UNG lantai 1 pukul 08.00 hingga pukul 11.00

2 Februari 2022

Implentasi Kurikulum

AAA

25 Januari 2022

Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022

Kegiatan Musyawarah Kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022 yang dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat Lantai 4