"Kuliah Tamu Dosen UNY: Menggali Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika di SD"

Oleh: Nurfadliah . 13 Februari 2025 . 08:30:29

Gorontalo_Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar kuliah tamu Pada tanggal 13 september 2024 dengan menghadirkan dosen dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Dr. Fery Muhammad Firdaus, S.Pd., M.Pd. Kegiatan ini mengangkat tema Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika di SD, yang bertujuan untuk memperkenalkan konsep inovatif dalam pengajaran matematika bagi mahasiswa calon guru SD.

Dalam pemaparannya, Dr. Fery Muhammad Firdaus menjelaskan bahwa pendekatan matematika realistik berbasis etnomatematika berfokus pada penggunaan unsur budaya dalam pembelajaran. Dengan metode ini, siswa dapat lebih mudah memahami konsep matematika karena materi dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari mereka. "Pembelajaran matematika harus dibuat lebih dekat dengan lingkungan siswa agar mereka dapat melihat manfaat langsung dari konsep yang dipelajari," ujarnya.

Beliau juga mencontohkan bagaimana unsur budaya lokal dapat digunakan dalam pembelajaran matematika di SD. Misalnya, dalam budaya Gorontalo, motif tenun khas atau pola bangunan rumah adat dapat dijadikan sebagai media untuk mengenalkan konsep geometri dan pola bilangan. Pendekatan ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik, tetapi juga membantu melestarikan budaya daerah.

Kuliah tamu ini mendapat antusiasme tinggi dari mahasiswa PGSD FIP UNG. Mereka aktif berdiskusi dan mengajukan berbagai pertanyaan terkait penerapan metode ini dalam praktik mengajar di kelas. Banyak mahasiswa yang merasa bahwa pendekatan ini dapat menjadi solusi dalam mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep matematika yang bersifat abstrak.

Ketua Program Studi PGSD FIP UNG Dr Wiwy Triyanti Pulukadang, M.Pd menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dr. Fery atas kesediaannya berbagi ilmu dengan mahasiswa. "Kuliah tamu ini memberikan wawasan baru bagi mahasiswa, terutama dalam merancang pembelajaran matematika yang lebih kontekstual dan bermakna bagi siswa SD," ujarnya. Di akhir sesi, Dr. Fery memberikan contoh strategi pembelajaran berbasis etnomatematika yang dapat diterapkan di kelas. Ia menekankan bahwa guru perlu lebih kreatif dalam menyusun materi ajar agar siswa dapat belajar dengan lebih menyenangkan. "Dengan memanfaatkan budaya lokal sebagai media belajar, siswa akan lebih tertarik dan memahami matematika dengan cara yang lebih nyata," tambahnya.

Dengan terselenggaranya kuliah tamu ini, diharapkan mahasiswa PGSD FIP UNG dapat mengembangkan pemahaman yang lebih luas tentang pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan efektivitas pembelajaran, tetapi juga turut memperkaya wawasan mahasiswa dalam mengajarkan matematika yang lebih kontekstual dan dekat dengan kehidupan siswa. ( NF/13/9/2024)

Agenda

28 Januari 2025

Rapat Borang Persiapan Akreditasi PGSD FIP UNG

Tim penyusun Borang PGSD FIP UNG Melaksanakan pertemuan untuk Melengkapi LED

20 - 21 Januari 2025

PROGRAM SERTIFIKASI

Program Sertifikasi Penulisan buku non-fiksi editor buku skema penulisan buku non fiksi (Bagaimana memulai dan menulis buku non-fiksi bagi mahasiswa di lingkungan ung)

13 Desember 2023

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar

Workshop Pemamfaatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar dilaksanakan di SDN 7 Tapa, pada Tanggal 13 Desember 2023

12 Desember 2023

WEBINAR MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM SD

WEBINAR Mata kuliah Pengembangan Kurikulum SD merupakan proyek mata kuliah mahasiswa kelas, 3E, 3F dan 3G. Kegiatan Webinar ini d laksanakan secara daring dan luring. Dilaksanakan pada tanggal 12 Desember tahu 2023 bertempat d Aula Jurusan PGSD UNG lantai 1 pukul 08.00 hingga pukul 11.00